logo-vertikal-semen

Mobile CRM

(Pengembangan aplikasi CRM dan mobile survey berbasis Android & iOS)

sisi-03

Technology / Platform

Android | iOS | Web

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk adalah BUMN produsen semen yang terbesar di Indonesia. Diresmikan di Gresik pada tanggal 7 Agustus 1957 oleh Presiden RI pertama dengan kapasitas terpasang 250.000 ton semen per tahun.

Sejak tahun 2012 PT Semen Gresik (Persero) Tbk, resmi berganti nama menjadi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Penggantian nama tersebut, sekaligus merupakan langkah awal dari upaya merealisasikan terbentuknya Strategic Holding Group yang diyakini mampu mensinergikan seluruh kegiatan operasional perusahaan semen BUMN. Saat ini kapasitas terpasang Semen Indonesia sebesar 29 juta ton semen per tahun, dan menguasai sekitar 42% pangsa pasar semen domestik. Semen Indonesia memiliki anak perusahaan PT Semen Gresik, PT Semen Padang, PT Semen Tonasa dan Thang Long Cement Vietnam.

The Challenge

Sebagai pemimpin pasar dalam industri semen, Semen Indonesia perlu terus melakukan inovasi demi meningkatkan efektifitas proses penjualannya dan menjaga hubungan dengan pelanggannya. Karena kebutuhan ini Semen Indonesia meminta tim kami untuk merancang dan mengembangkan sebuah solusi mobile CRM (Customer Relationship Management) yang dapat digunakan oleh tim penjualan sebagai alat bantu untuk meningkatkan penjualan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

The Solutions

Pemasaran dan penjualan merupakan salah satu aspek vital dalam sebuah bisnis, karena itu tim BIG IO berusaha untuk merancang sebuah aplikasi CRM yang unik dan sesuai kebutuhan proses bisnis penjualan yang berjalan di Grup Semen Indonesia.

Setelah melalui diskusi yang intens dengan tim Semen Indonesia serta melakukan on-site research, tim kami memahami bahwa salah satu relasi yang wajib dijaga adalah dengan toko-toko bangunan yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Karena itu kami perlu merancang aplikasi yang mudah digunakan oleh tim penjualan Grup Semen Indonesia dan aplikasi harus tetap bekerja dengan baik meski koneksi internet sangat terbatas atau tidak ada sama sekali.

Dengan pemahaman ini, tim kami merancang sistem CRM mobile berbasis Android dan iOS yang mencerminkan semua kebutuhan tersebut. Sistem yang dikembangkan mampu bekerja dalam mode offline dan akan otomatis mensinkronkan data ketika ada koneksi internet yang cukup reliable. Kemudahan penggunaan juga kami perhatikan dengan cermat, sehingga aplikasi cukup mudah digunakan oleh tim sales yang sangat mobile dan sibuk.

Pada akhirnya aplikasi CRM yang kami kembangkan telah memungkinkan tim penjualan Semen Indonesia dapat mengelola hubungan dengan toko dan pelanggan potensial dengan lebih baik. Mereka jadi lebih mudah melakukan sharing kontak dan daftar toko serta pelanggan potensial, dapat dengan mudah melacak kapan kontak dilakukan dan melacak status peluang-peluang baru dari para pelanggan potensial. Fasilitas-fasilitas tersebut pada akhirnya membuat tim penjualan Semen Indonesia dapat merancang experience yang lebih personal terhadap pelanggan-pelanggannya.