logo_lantas

Korps Lalu Lintas Polri

(Sistem Registrasi & Identifikasi Kendaraan Bermotor)

Polda Banten

Regident-03

Technology / Platform

Web

Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Banten merupakan unit kepolisian daerah Banten yang bertugas menyelenggarakan dan membina fungsi lalu lintas kepolisian. Fungsi tersebut mencakup penjagaan, pengaturan, pengawalan dan patroli, pendidikan masyarakat dan rekayasa lalu lintas serta registrasi dan identifikasi pengemudi kendaraan bermotor.

The Challenge

Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor (Regident Ranmor) adalah fungsi Kepolisian untuk memberikan legitimasi asal usul dan kelaikan, kepemilikan serta pengoperasian Ranmor, fungsi kontrol, forensik Kepolisian dan pelayanan kepada masyarakat melalui verifikasi, pencatatan dan pendataan, penomoran, penerbitan dan pemberian bukti registrasi dan identifikasi Ranmor, pengarsipan serta pemberian informasi.

Ditlantas Polda Banten meminta tim kami untuk merancang sistem Regident Ranmor yang mudah digunakan, memiliki standar yang sama dan terintegrasi sampai ke unit layanan di tiap Polres di wilayah Polda Banten.

Dengan adanya sistem yang standar dan terpadu tersebut diharapkan dapat memudahkan operasional, evaluasi dan pengawasan serta memudahkan pihak Ditlantas Polda Banten untuk melakukan inovasi-inovasi kedepan yang akan terus meningkatkan kualitas layanan terhadap masyarakat.

The Solutions

Tim BIG IO memulai proses pengembangan sistem dengan melakukan on-site research dan diskusi intensif dengan jajaran kepolisian yang bertugas mengelola proses regident ranmor di Ditlantas Polda Banten. Dalam proses ini kami menemukan fakta minimnya jumlah petugas regident ranmor dibandingkan jumlah pendaftaran yang diterima setiap hari, selain keterbatasan perangkat dan koneksi di unit-unit pelayanan yang ada di Polres.

Sebagai solusi terhadap permasalahan dan kebutuhan yang ada kami membangun aplikasi berbasis web menggunakan platform .NET. Pemilihan platformi ini didasari antara lain karena perangkat yang ada termasuk server menggunakan sistem operasi Windows, sehingga kami memilih teknologi yang optimal berjalan di sistem operasi tersebut.

Aplikasi yang dikembangkan kami rancang dengan UI yang intuitif, sehingga petugas yang berjumlah minimal tetap dapat bekerja dengan cepat dan efisien dalam menjalankan proses pendaftaran sampai cetak BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor).

Pada akhirnya Ditlantas Polda Banten bekerjasama dengan tim kami dapat menerapkan sistem terintegrasi dan online sampai ke unit-unit pelayanan di Polres-Polres. Dengan adanya sistem ini, masyarakat dapat melakukan berbagai proses pendaftaran kendaraan dan perubahan kepemilikan dengan cepat, waktu layanan rata-rata dalam kondisi normal dapat dilakukan dalam tempo 1 hari. Melalui sistem ini, pimpinan Ditlantas Polda Banten dapat secara real-time memonitor kinerja pelayanan yang dilakukan disemua unit pelayanan regident ranmor.