priangan logoo

Priangan

(Portal Informasi Harga Pangan)

Jawa Barat

Priangan-desktop

Technology / Platform

Android | iOS | Web

Forum Komunikasi Pengendalian Inflasi (FKPI) Jawa Barat merupakan dibentuk berdasarkan SK Gubernur Jabar No. 580/Kep.229-Admrek/2010 tanggal 25 Januari 2010. Tugas utama FKPI Jawa Barat adalah memantau, mengendalikan dan mengevaluasi sumber dan potensi tekanan inflasi di Jawa Barat, serta memberikan saran, pertimbangan dan rekomendasi kebijakan untuk mendorong pencapaian sasaran inflasi nasional kepada instansi terkait serta pemerintah pusat dan Bank Indonesia, bilamana diperlukan.

Tim FKPI Jawa Barat terdiri dari Bank Indonesia Regional VI (Jabar-Banten), Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat.

 

app store website.jpg 2250×1651  app store website

The Challenge

Ketiadaan informasi harga bahan pangan yang jelas akan mempengaruhi efisiensi keputusan yang diambil oleh para pelaku ekonomi di tingkat nasional dan daerah. Saat ini masih banyak ditemui ketidakjelasan informasi harga bahan pangan mengingat para pelaku ekonomi menghadapi kesulitan untuk mencari acuan harga pasar bahan pangan, sehingga persepsi masyarakat acap kali lebih dipengaruhi pemberitaan yang kurang berimbang.

Di tengah ketiadaan referensi harga pasar bahan pangan, para pedagang yang umumnya memiliki akses informasi yang lebih baik berpotensi untuk dapat menetapkan harga bahan pangan dengan margin keuntungan yang setinggi-tingginya atau berpotensi untuk melakukan aksi spekulasi. Akumulasi dari ekspektasi negatif masyarakat akibat adanya asymmetry information akan berpotensi meningkatkan laju inflasi.

The Solutions

Sebagai solusi untuk memberikan informasi harga komoditas utama kepada masyarakat tim BIG IO bekerjasama dengan tim FKPI, khususnya dengan tim Bank Indonesia Regional VI, mengembangkan website informasi harga dan aplikasi SMS yang memudahkan masyarakat memperoleh informasi harga yang diperbaharui setiap hari.

Melalui website informasi yang didesain mudah digunakan dan intuitif, masyarakat dapat langsung melihat daftar harga komoditas utama hari ini serta tingkat kenaikan/penurunan harga terhadap hari sebelumnya. Selain itu masyarakat juga dapat dengan mudah melihat perkembangan harga dari waktu ke waktu melalui grafik dan tabel yang ada. Data ini bisa didownload dengan mudah.

Selain melalui website, masyarakat juga dimudahkan mengakses informasi harga berbagai jenis kebutuhan pokok melalui SMS. Masyarakat tinggal mengirimkan permintaan informasi dengan format tertentu dan sistem akan otomatis mengirimkan informasi yang sesuai.

Tim BIG IO bekerja sangat professional dan menunjukkan kemampuan & pengalaman pengembangan aplikasi yang luar biasa sehingga Bank Indonesia Regional VI dan tim FKPI Jawa Barat berhasil membangun aplikasi yang menjadi pilot project PIHPS Nasional” – Lolita Moorena, Bank Indonesia