Kick off meeting, kerjasama BIG IO x Bio Farma membuat production planning yang canggih dan komprehensif.

0001

BIG IO dan juga PT Bio Farma (Persero) berkomitmen untuk menghadirkan solusi IT yang tepat guna dan bermanfaat bagi banyak orang. Hal ini juga sesuai dengan visi Bio Farma untuk menjadi perusahaan Life Science kelas dunia yang berdaya saing global.

Drajat Alamsyah, menjabat sebagai kepala Divisi Manajemen Produksi & Persediaan menjelaskan bahwa pemanfaatan Teknologi Informasi harus dilakukan untuk mendukung aktivitas pekerjaan. Bio Farma sendiri sudah mulai mengimplementasikan teknologi informasi di sektor produksi maupun administrasi.

Salah satu penerapan Teknologi Informasi ini adalah pada bidang produksi, yang disebut dengan Aplikasi Production Planning. Aplikasi ini merupakan aplikasi utama dalam perencanaan produksi yang mampu mencakup perencanaan workday, batch size per produk, timeline plan, timeline realization, lead time per proses, rencana output, serta realisasi output yang nantinya akan diintegrasikan baik dengan data maupun aplikasi QA, QC, Produksi dan juga Penjualan.

Aplikasi yang dikembangkan terdiri dari solusi berbasis website untuk production planning secara keseluruhan. Aplikasi akan membantu proses perhitungan semua aspek dan data yang dibutuhkan dalam perencanaan produksi. Selain itu, terdapat aplikasi mobile yang digunakan untuk memberikan laporan produksi.

Sebelumnya, proses perencanaan produksi yang diterapkan oleh PT Bio Farma (Persero) masih manual, yaitu menggunakan Ms. Excel dan Manual lnk pada data QA serta produksi. Sehingga, perlu adanya program perencanaan produksi yang jauh lebih komprehensif dengan basis IT agar lebih terintegrasi, komprehensif dan dapat mendukung efektivitas pengelolaan data di Bidang Manajemen Produksi.