Kesehatanmu Sangat Perlu Dijaga, SEKARANG!

Wajib Masker_Web Cover

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan pemakaian masker untuk seluruh masyarakat dunia, baik yang sehat maupun yang sakit. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan, bertambahnya kasus positif Covid-19 dengan tanpa gejala, WHO khawatir jika di luar sana banyak sekali orang yang telah positif Covid-19 namun tidak sadar dan bebas berkeliaran sehingga menambah rentetan jumlah kasus Covid-19 ini. Berita ini telah disampaikan ulang oleh pemerintah Indonesia melalui Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto. Lalu, masker jenis apa saja yang direkomendasikan untuk dipakai.

bedah@300x

1. Masker Bedah

Masker bedah merupakan masker sekali pakai yang hanya boleh digunakan oleh tenaga medis. Masker ini memiliki 3 lapisan, lapisan anti air, lapisan filter kuman, dan lapisan penyerap cairan yang keluar dari mulut. Masker ini hanya direkomendasikan untuk tenaga medis sebagai garda terdepan dalam menangani kasus Covid-19 saat ini.

n95@300x

2. Masker N95

Masker N95 merupakan masker yang direkomendasikan untuk tenaga medis karena dinilai efektif dalam mencegah penularan virus Corona (Covid-19). Masker ini cenderung lebih mahal karena kemampuannya menghalau percikan air liur dan juga partikel kecil di udara yang mungkin mengandung virus. Masker ini juga hanya direkomendasikan untuk dipakai oleh tenaga medis saja.

kain@300x

3. Masker Kain 

Masker kain ini banyak dijumpai di pasaran, karena harganya yang cenderung lebih murah dan dapat digunakan berulang-ulang. Masker ini telah direkomendasikan oleh pemerintah Indonesia karena berdasarkan penelitian terakhir, masker kain dapat mencegah penularan Covid 19 sebesar 70%. Masker kain yang direkomendasikan adalah masker kain yang memiliki 3 lapisan. Selain itu, masker kain dapat dipakai maksimal selama 4 jam, setelah itu masker wajib dilepas dan diganti dengan yang bersih. Masker yang telah digunakan dapat dicuci dengan deterjen untuk dapat digunakan kembali nantinya.

Selain pemakaian masker, pemerintah juga tetap menghimbau dan mengingatkan betapa pentingnya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik. Sabun yang digunakan diusahakan adalah sabun anti bakterial, karena tidak hanya virus yang ditangkal tetapi juga bakteri ya.

Sudah tau kan masker jenis apa yang bisa dipakai? Segera cuci tanganmu, pakai maskermu, dan tetap lakukan physical distancing dengan tetap #diRumahAja.