Jalan-jalan ke Taman Hutan Raya Bandung

Empat bulan sudah hampir berlalu di tahun 2016 ini. Kami tetap bekerja keras untuk mendapatkan hasil-hasil yang maksimal dan membanggakan. Sebagai manusia-manusia deadliners yang kerjanya dikejar-kejar oleh target launching dan concept-ers yang kerjanya mengejar-ngejar inspirasi demi membuat karya-karya terbaik, kami membutuhkan penyegaran otak. Sangat butuh! Di tengah kesibukan yang menghimpit kami, kami harus memaksakan diri untuk sedikit bergerak melemaskan otot-otot yang telah kaku karena terlalu lama duduk di depan laptop. Ini kesempatan kami untuk sejenak meninggalkan laptop dan gadget.

Kami memutuskan untuk tracking di sekitar Taman Hutan Raya Ir Juanda yang biasa disebut Tahura atau Dago Pakar. Rasanya tidak seru kalau hanya jalan-jalan di sekitar hutan kota saja. Kami memilih untuk memungut sampah di sekitar Tahura agar kegiatan yang kami lakukan memiliki value yang bermakna. Kebetulan sekali hari itu adalah hari Rabu, sesuai dengan program pemerintah kota Bandung untuk melaksanakan aksi Gerakan Pungut Sampah di hari Senin, Rabu, dan Jumat.

Pukul 8 pagi, kami sampai di gerbang loket Tahura. Dengan trashbag di tangan, kami siap menjelajahi hutan kota Tahura!

Ada banyak pilihan yang dapat dikunjungi di Tahura, diantaranya adalah: Goa Belanda, Goa Jepang, Curug Omas, Penangkaran Rusa, Tebing Keraton, dan masih banyak lagi. Untuk percobaan pertama, kami mengambil tujuan yang tidak begitu jauh. “Penangkaran Rusa, 2. Km”.

Tidak ada laptop, tidak ada gadget, tidak ada koneksi internet. Yang ada hanya kamera dan kantung sampah. Semua orang saling berbincang satu dengan yang lain sambil memungut sampah yang terlihat sepanjang jalan. Ahh, it was such a quality time for people like us.

Walaupun jaraknya tidak cukup jauh, tapi perjalanan memakan waktu yang cukup lama. Bagaimana tidak, hampir setiap berhenti memungut sampah dan beristirahat, kami mengambil beberapa foto. Hihi. Berfoto memang membuat mood menjadi baik dan ceria.

Setelah berjalan beberapa kilometer, sampailah kami di penangkaran rusa yang tidak begitu besar. Kami istirahat dan bersantai sambil memetik beberapa buah jambu dari pohonnya. Aaah, sangat menyenangkan berkumpul bersama tim di alam terbuka dengan udara yang segar seperti ini.

Hari pun semakin siang dan cuaca semakin panas. Kami kembali ke pintu masuk Tahura untuk menyimpan sampah yang telah kami pungut. Cukup banyak sampah yang telah kami kumpulkan selama 3 jam perjalanan. 

Walaupun waktunya tidak lama dan jaraknya tidak jauh, kegiatan outdoor yang kami lakukan sangat cukup untuk membangkitkan semangat kami. Dengan badan yang segar, pikiran yang tenang dan positif, kami siap kembali membuat hal-hal yang menakjubkan!

DSC_0655 (1024x678)

Semangat!