How to be A Part Time Programmer

HtBaPTP_Website

Nah, buat kamu khususnya mahasiswa menengah dan tingkat akhir. Tentu sudah tidak asing lagi dengan “part time job” bukan? Yap, kamu yang bergelut di bidang TI dan bisa ngoding bisa memanfaatkannya dengan melakukan part time job sebagai programmer lho!

“Yah ngoding tugas aja bingung ngatur waktu, apalagi kalau ditambah part time?”
“Pengen deh, tapi takut banyak salahnya, aku kan belum pro.”

Tenaanggg, kali ini kita akan bagi beberapa tips ciamik yang bisa kamu terapkan untuk jadi part time job programmer ala BIG IO!

          

Pisahkan jadwal antara kuliah dan kerja

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memisahkan jadwal kuliah dan kerja. Caranya dengan mendata semua jadwal kuliah kamu terlebih dahulu, dan lihat seberapa banyak waktu free diantara jadwal tersebut. Khusus buat kamu yang lagi skripsi, sebagai win-win solution kamu bisa membagi 1 hari menjadi 2 zona (pagi-siang untuk skripsi, siang-sore untuk kerja) atau sebaliknya. Hal ini penting banget buat membantu kita dalam manage waktu dan bikin semua “to do list” terlaksana dengan baik.

 

Diskusi Tim@300x

Bangun diskusi dengan team

Membangun komunikasi dengan team project di tempat kerja adalah salah satu kewajiban nih guys! Sebagai salah satu anggota team, kita harus mampu menyeimbangkan ritme yang akan dibuat dan mengkondisikan segala masalah atau problem yang mungkin muncul. Kalo kamu merasa kesusahan saat mengcoding, tidak ada salahnya buat kamu bertanya dan diskusi ke team ya! Inget, you are professional worker, and communication always needed!

 

Relaxing Time@300x

Buat relaxing time

Tugas yang numpuk, skripsi yang harus dikerjain, dan sprint project yang harus kelar sesuai deadline tentu membuat kita akan jenuh dan Lelah. Nah, karena itu penting banget buat kamu bikin “relaxing time” atau “me time” buat rehat sejenak. Kegiatan yang bisa kamu coba pun beragam, mulai dari futsal, main games, atau bahkan jalan-jalan muter kompleks. Hal ini bisa kamu sesuaikan dengan hobi kamu tentunya, dan baiknya kamu menyelipkan relaxing time ini di 10-15 menit setiap harinya dan ditambah hari weekend tentunya.