5 Hal Ini Perlu Kamu Siapkan dalam Berbisnis Setelah Pademi

5 Hal Ini Perlu Kamu Siapkan dalam Berbisnis Setelah Pademi_Website

Topik tren bisnis di masa pandemi seperti ini memang sangat menarik untuk diperbincangkan. Pasalnya, tren ini dapat dengan cepat berubah. Hal ini sedikit banyak juga dipengaruhi oleh perilaku baru atau new normal pada aktivitas masyarakat. Mulai dari bisnis mikro hingga bisnis makro mendapatkan dampak akan hal ini. Dengan kondisi seperti ini, kira-kira apa saja yang dapat dipersiapkan pelaku bisnis setelah pandemi ini berakhir demi menunjang kelangsungan bisnis kita?

1. Situs Web dan Alat Digital yang Lebih Canggih

Ketika bisnis kecil dan menengah bergabung dalam revolusi teknologi dekade baru, permintaan untuk e-commerce, konfigurasi produk canggih, chatbots, dan aplikasi seluler akan melonjak pesat terlebih untuk bisnis yang belum pernah merambah e-commerce sebelumnya.

Opsi-opsi ini akan membantu bisnis untuk bertahan selama wabah virus dan akan menjadi tren makro setelah praktik pembatasan sosial menjadi hal yang biasa, tidak hanya untuk pandemi virus corona tetapi juga untuk wabah potensial di masa depan.

2. Peningkatan Kesadaran Keamanan Siber

Dengan meningkatnya jumlah karyawan yang bekerja secara jarak jauh selama wabah berlangsung, kita menyaksikan pelanggaran data dan serangan siber juga menjadi lebih banyak. Kebutuhan untuk menjaga situs dan server web yang diperbarui dan aman menjadi prioritas.

Kini, akan ada lebih banyak bisnis yang harus berinvestasi dalam teknologi yang aman, terukur, dapat diakses dari jarak jauh dan mengikuti standar terbaru untuk setiap jenis risiko serangan data pribadi dan sistem keamanan data.

3. Kebiasaan dengan Rapat Virtual

Webinar, telekonferens, dan bentuk pertemuan virtual lainnya yang sudah menjadi tren bahkan sebelum wabah merebak hanya akan berkembang lebih besar untuk beberapa dekade ke depan. Persiapan untuk tren ini lebih dari sekadar memiliki ruang pertemuan virtual dan perangkat lunak. 

Hal-hal seperti brosur digital, kartu bisnis digital, video tutorial, dan informasi situs web yang disempurnakan semuanya akan mengikuti tren ini dan menjadi kebutuhan karena bagi bisnis akan lebih sulit untuk secara fisik menyerahkan materi kepada pelanggan.

4. Kontrol terhadap Biaya Meningkat

Dengan penutupan bisnis yang belum pernah terjadi sebelumnya di Amerika atau bahkan dunia, bisnis akan semakin ketat dalam mencari cara untuk memiliki tingkat kontrol yang lebih besar atas pengeluaran mereka. 

Meskipun ini adalah praktik bisnis yang baik, dampak yang dirasakan selama penurunan ekonomi ini akan menciptakan bekas luka yang kemungkinan akan bertahan selama bertahun-tahun. Pastikan bisnis Kita memiliki jawaban bagi klien atau pelanggan yang ingin berhemat, mengurangi persyaratan kontrak atau melindungi bisnis mereka dari bencana dan malapetaka di masa depan.

5. Pekerjaan Banyak Dilakukan dengan Remote

Tren ini sebenarnya sudah dimulai lebih dari satu dekade yang lalu, tetapi akan terus diperkuat dalam dekade baru ini dan setelah pecahnya Covid-19. Tren-tren ini akan relevan tidak hanya pada tahun 2020, tetapi juga kemungkinan jauh lebih lama di masa depan loh.

Jadiii buatlah keputusan dan posisikan perusahaan Kita sekarang untuk perubahan-perubahan di dunia bisnis kedepan dan pastikan bisnis Kita siap dan berada di garis depan revolusi teknologi digital jarak jauh yang baru.